Saturday 30 November 2013

Celotehan Oche #1

   Bahasa Indonesia dulu di gunakan para pemuda salah satunya sebagai alat pemersatu bangsa, kita tahu bahwa setiap daerah memiliki bahasa ibu ( bahasa daerah ) masing-masing. Contohnya, Yogjakarta menggunakan Bahasa Jawa, Jawa barat menggunakan Bahasa Sunda. Banyak sekali bahasa daerah di indonesia.Saking banyaknya sampai-sampai Bahasa Jawa pun ada Bahasa Jawa Ngapak versi Kebumen sekitarnya.
jujur meski saya orang jawa tulen tapi kalau ngobrol sama orang ngapak dan bahasa ngapaknya di keluarin bener-bener gak ngerti, dah gitu ngomongnya cepet banget lagi, saya cuma bilang ya ya ya aja hehehe.
   Sekarang kita lupakan sejarah awal munculnya Bahasa indonesia, dan bahasa ngapak tadi, sekarang saya mau  membahas tentang penyimpangan Bahasa Indonesia. Kalian tau kata-kata baru kini banyak bermunculan entah asal mulanya seperti apa dan siapa orangnya, kita akan mengambil contoh beberapa penyimpangan Bahasa Indonesia yang kini menjamur di tengah masyarakat.

  •  Rangga : "wah  aku galau banget nih gara-gara di putus pacar aku"
galau = sesuatu perasaan depresi akibat kesedihan yang terlanjur akut.
  • Rangga : "sorry bro. udah PW nih males pindah"
PW = singkatan dari Posisi wenak ( kenapa gak PE aja ya? kan Posisi Enak, lah ini jadinya PW = Posisi Wenak, indonesia banget)
  •  Rangga : "woles bro, gak usah emosi gitu!"
woles = kata yang di ambil dari bahasa inggris yang sebenarnya itu adalah kata slow, dan karna orang indonesia pengen sok-sok pake bahasa inggris tapi gak bisa ngomongnya, jadi orang ngomongnya bukan slow tapi seeloow, saking kreatifnya orang indonesia kata salah slow jadi selow di balik jadi woles, hebat banget deh orang indonesia itu.
  •  Rangga : "wah kamu deket-deket si dia modus"
 modus kata yang satu ini yang paling populer sekarang, karna kata modus ini juga cewek atau cowok gak bakalan bisa tenang deh kalau lagi bareng lawan jenisnya soalnya bisa jadi modus. Ada cewek di teraktir makan sama cowok di bilang modus, ada cowok ngerjain tugas bareng sama anak cewek juga modus, pokoknya serba modus deh.

   Orang Indonesia emang kreatif-kreatif deh sampai-sampai menemukan kata-kata baru seperti yang saya contohkan di atas, jangan pernah kalian mengeluarkan kata-kata seperti saya contohkan di atas tadi saat mata kuliah Bahasa Indonesia kalau kalian tidak mau nilai Bahasa Indonesia kalian E hehe. Pertahankanlah Bahasa Indonesia yang baik dan benar agar anak cucu kita kelak masih besa merasakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar bukan bahasa-bahasa alay bin lebay seperti sekarang ini.

No comments:

Post a Comment